translate into your mother tongue

Senin, 21 September 2015

Kou Kee; 枸杞 (Buah Goji / wolfberries)

Goji berry adalah buah berry yang berasal dari  Tiongkok  dan disebut juga wolfberries di dunia barat. Dalam bahasa ilmiah buah ini memiliki nama Lycium chinense. Dalam bahasa Mandarin:枸杞 pinyin:  gǒuqǐ (Kou Kee Chye - dalam dialek Hokkien). Buah ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina sejak abad pertama Masehi. Mereka sering meng-kombinasi-kan atau mencampur buah ini dengan herbal lain sebagai tonik untuk meningkatkan umur panjang. Sedangkan daun-nya juga termasuk edible food dan bisa di masak selayaknya sayuran lainnya, seperti campuran sup atau di-tumis bersama bahan makanan lain. Dalam bahasa Inggris daun Goji Berry sering disebut "Matrimony Vine Leaves".

Kou Kee; 枸杞 (Buah Goji / wolfberries) dipercaya dapat meningkatkan vitalitas dan memperpanjang umur seseorang. Bahkan di negara Tiongkok ada orang yang berumur 200 tahun lebih karena selalu makan goji berry dalam kesehariannya dietnya. Beliau adalah 李清云, Li Ching-Yun yang meninggal pada 6 Mei 1933. Li Ching-Yun adalah seorang Herbalis , Martial Artist dan Penasihat Taktik Tiongkok yang konon hidup sampai lebih dari 256 tahun. Ia mengaku lahir pada tahun 1736, sedangkan catatan yang diperdebatkan menyatakan bahwa ia malah lahir pada tahun 1677. Kedua rentang hidup yang diduga 197 dan 256 tahun saja sudah jauh melebihi umur yang telah dikonfirmasi manusia tertua di dunia yaitu 122 tahun dan 164 hari dari wanita Perancis, Jeanne Calment yang di-lahir 21 Februari 1875 ,serta meninggal Augustus 4, 1997 di Arles Perancis.

Buah Goji memiliki kandungan gizi yang sangat kompleks dibandingkan buah lainnya. Kegunaan lain goji berry dikatakan juga untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi dan penglihatan, bagus untuk mata, melindungi hati, dan meningkatkan produksi sperma untuk laki-laki. Goji berry memiliki anti-oksidan yang tinggi sehingga dia sering disebut buah super-fruit yang populer terutama untuk wanita yang ingin menunda penuaan. Seiring waktu, orang telah menggunakan goji berry untuk mengobati banyak masalah kesehatan umum seperti diabetes, demam, dan masalah mata yang berkaitan dengan usia.

Buah goji merupakan sumber penting dari nutrisi makro yang dibutuhkan oleh tubuh kita, termasuknya adalah karbohidrat (68%), protein (12%), lemak sehat dan serat makanan (10%), tetapi mengandung indek glikemik rendah. Memberikan 370 kalori/100 gram. Dibandingkan dengan kandungan nutrisi makro di antara bahan pangan lainnya, buah goji merupakan sumber pangan yang paling lengkap.Berikut kandungan gizi di dalam buah ini: 
1. Vitamin C,
2. Asam Amino,
3. Antioksidan,
4. Vitamin E,
5. Karoten,
6. Mineral,
7. Asam lemak omega-6,
8. Anti - infeksi (Anti bakteri dan Anti jamur).

Rujukan: Kompasiana dan Merdeka

Kandungan Asam amino yang tinggi di dalam buah goji, sangat diperlukan oleh para vegetarian sebagai pengganti daging. Berikut ini adalah video sup herbal dari goji berries dan cocok bagi para vegetarian (人參枸杞湯 Ginseng Goji Soup ):


Tidak ada komentar:

Posting Komentar